Apakah Sebenarnya SMS itu?

Sejarah SMS
SMS di buat pada akhir tahun 1980an yang bekerja dengan teknologi dgital yang dinamakan GSM (Global System for Mobile Communication), yang merupakan dasar dari semua telepon selular modern. Insinyur Norwegia yang menemukannya menginginkan sebuah sistem pesan yang sangat sederhana dan bekerja ketika telepon pengguna dimatikan atau berada di luar jangkauan. Banyak sumber yang setuju bahwa SMS pertama yang di kirim dilakukan di Inggris pada tahun 1992.

SMS adalah kepanjangan dari short message service atau layanan pesan singkat. Mudahnya, SMS adalah sebuah metode yang mengirimkan teks antara telepon selular, atau dari sebuah PC ke telepon seluler. Kata “singkat” di sini ditujukan untuk ukuran teks maksimum yaitu sekitar 160 karakter (huruf, angka, atau simbol). Untuk alfabet lain, seperti huruf cina, besarnya SMS maksimal yang bisa digunakan adalah 70 karakter.
Ketika seorang teman mengirim anda SMS, pesan mengalir melalui SMSC, lalu menuju menara, dan menara mengirim pesan kepada telepon anda berupa paket data kecil melalui saluran kendali. Dengan cara yang sama, ketika anda mengirim sebuah pesan, telepon anda mengirim pesan tersebut menuju menara lewat saluran kendali dan kemudian pesan ini pergi dari menara menuju SMSC dan dari SMSC menuju tempat tujuan (teman anda).

Format data pada pesan singkat meliputi panjang pesan, waktu pengiriman/terima, tujuan

Mengapa hanya 160 Karakter?
SMS di rancang untuk mengirimkan data pendek seperti halaman numerik. Untuk menghindari kelebihan beban (sistem dengan operasi yang melebihi standar) penemu SMS setuju bahwa karakter maksimal SMS adalah 160 karakter.

Akan tetapi batasan 160 karakter tidaklah mutlak. Besarnya batasan tergantung dari jaringan, dan model telepon. Beberapa telepon tidak mengijinkan anda untuk mengetik lebih dari 160 karakter. Anda harus mengirimkan pesan itu sebelum melanjutkan mengetik lagi. Namun, beberapa telepon akan secara otomatis memisahkan pesan yang anda kirim menjadi potongan-potongan 160 karakter atau kurang. Jadi anda bisa mengetik dan mengirimkan sebuah pesan panjang, tetapi pesan ini akan di kirim dalam beberapa pesan.


0 komentar:

Posting Komentar